Sabtu, 03 Desember 2011

Pentingnya Air untuk Kehidupan..

Anda pasti sudah sering mendengar fakta ini: 75% dari tubuh manusia terdiri dari air dan 25% lainnya diisi oleh zat padat. Namun tahukah Anda kalau dominasi air dalam tubuh kita sudah terjadi sejak kita dilahirkan?
Kenyataannya seluruh seluruh organ tubuh kita diatur oleh air, karena tanpa air zat padat yang ada dalam tubuh tidak dapat berfungsi secara maksimal. Jumlah air yang beroperasi di seluruh organ tubuh begitu berlimpah. Di jaringan otot saja sudah terkandung 50-70% air dan jumlah ini hampir mencakup ½ dari keseluruhan air yang terdapat dalam tubuh kita. Sementara itu, darah yang mengalir dalam tubuh kita juga terdiri dari 80% air. Begitu juga dengan otak, terdapat sekitar 78 – 85% kandungan air di dalamnya, bahkan 20-33% komponen tulang terdiri dari air, lho! Jadi, sekitar 5/8 dari cairan tubuh terdapat di dalam sel dan sisanya, yaitu 3/8 lainnya berada di luar sel, lebih tepatnya di antara sel dan di dalam sirkulasi tubuh.

Fakta lain yang cukup mengejutkan: tubuh kita menghabiskan 40,000 gelas air per hari dan setelah melewati berbagai proses hanya 10 gelas air yang didaur ulang setiap harinya. 5 atau 6 gelas cairan tubuh hilang melalui urin, sekitar 2 gelas hilang melalui hembusan napas yang menghasilkan uap air, setengah gelas hilang saat melewati usus besar dan 2 gelas menguap melalui 2 juta keringat yang keluar setiap harinya. Itulah sebabnya 10 gelas air yang hilang setiap harinya harus segera digantikan.
Lalu bagaimana caranya kita mengganti semua cairan yang hilang itu? Kita sudah mendapatkan sekitar 3 gelas air dari makanan yang kita makan. Kita juga mendapat sekitar 1 ½ gelas air per hari dari hasil produksi energi metabolisme. Artinya kita masih membutuhkan sekitar 5 ½ sampai 8 gelas air setiap harinya untuk mengganti cairan tubuh yang hilang.  Selain itu, kandungan gula, garam atau protein yang berlebih saat diet membuat tubuh kita memerlukan air lebih banyak untuk mengolahnya. Belum lagi ketika Anda jatuh sakit, kebutuhan air dalam tubuh kita akan meningkat hingga 80%.
Dehidrasi juga berdampak pada sel tubuh. Apabila terjadi dehidrasi akut, sel tubuh dapat kehilangan sekitar 28% dari air yang dikandungnya dan itu berarti sel tubuh tidak dapat memiliki cairan yang cukup untuk mengeluarkan racun-racun pada tubuh.
Manusia dapat bertahan hidup beberapa minggu tanpa makanan, namun tanpa air manusia hanya dapat bertahan hidup beberapa hari. Air adalah nutrisi paling penting di antara nutrisi-nutrisi lainnya, karena seluruh organ tubuh kita bergerak dengan bantuan air.
Satu gelas air dapat menghentikan rasa lapar tiba-tiba yang terjadi saat tengah malam pada hampir 100% pelaku diet. Dan hanya dengan meminum 5 gelas air per hari , Anda bisa menurunkan resiko terkena kanker usus besar sebanyak 45%, kanker payudara hingga 97%, dan kanker kandung kemih sebanyak 50%. Setelah membaca artikel ini, Anda pasti akan memikirkan kembali pentingnya peranan air dalam kehidupan kita. Jadi, mulai sekarang jangan malas minum air demi kesehatan tubuh kita!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar