Sabtu, 03 Desember 2011

Mengapa Air Tak Tergantikan?

Apakah Anda tipe orang yang selalu menyediakan minuman ringan atau soda di meja Anda? Alangkah lebih baik apabila Anda menuju dispenser dan mengkonsumsi air putih. Karena minuman ringan atau soda bukan hanya dapat meningkatkan kalori, tapi juga dapat memperburuk kesehatan tubuh Anda.
Apakah Anda tahu bahwa kadar gula berlebih dapat membahayakan sistem imun hingga 12 jam? Minuman ringan atau soda memiliki kandungan kadar gula sebanyak kurang lebih 9 sendok teh, bahkan lebih. Hal ini dapat mengakibatkan peningkatan kalori pada tubuh yang nantinya akan berpengaruh pada berat badan. Selain minuman ringan atau soda, kopi dan minuman energi yang mengandung kafein adalah penyebab lainnya yang akan mempengaruhi kondisi kesehatan Anda. Konsumsi kafein berlebih juga dapat mengakibatkan dehidrasi.

Yang lebih berbahaya lagi, saat Anda tidak mengkonsumsinya, akan timbul efek samping seperti sakit kepala, gemetaran dan mudah marah. Oleh karena itu, ada baiknya konsumsi kopi dilakukan sesekali saja sebagai penyegar di pagi hari. Pola konsumsi seperti ini tidak akan berdampak banyak, namun apabila dikonsumsi secara terus-menerus, kafein pada kopi justru akan berdampak buruk bagi tubuh. 
Alasan terpenting untuk tetap mengendalikan konsumsi minuman ringan adalah karena kandungan yang terdapat di dalamnya dapat mengakibatkan kehabisan mineral. Efek jangka panjang dari minuman cola atau soda semacam ini adalah dapat merusak tubuh. Bahkan, kandungan asam pada sekaleng soda dapat mematikan apabila tubuh kita tidak mengandung sistem untuk menetralisirnya. Namun jika hal itu terjadi, maka kandungan mineral yang berharga pada tubuh kita seperti kalsium, harus digunakan untuk menetralisir kandungan soda tersebut. Fakta lain yang cukup mengejutkan adalah ternyata kita membutuhkan 32 gelas air untuk menetralisir kandungan satu botol cola atau soda dalam tubuh kita.
Minuman olahraga sering dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para atlet yang memerlukan banyak mineral pengganti. Akan tetapi, minuman jenis ini tidak disarankan untuk dikonsumsi secara sembarangan. Beberapa orang tua bahkan mengijinkan anaknya mengkonsumsi minuman jenis ini karena sensasi rasa dingin yang dimilikinya. Fakta penting yang harus kita ketahui tentang minuman jenis ini adalah minuman olahraga juga mengandung sodium, karbohidrat dan kalori yang tinggi. Jadi, jika Anda mengkonsumsi minuman jenis ini tidak pada saat Anda berolahraga atau berkeringat, maka minuman ini tidak baik bagi tubuh Anda!
Minuman jenis lain yang tidak dapat digantikan oleh air putih biasanya adalah kopi dan teh. Saat ini kopi telah banyak yang berinovasi dan tidak lagi merupakan sumber lemak dan kalori. Kopi-kopi semacam ini sepertinya telah menjadi semacam makanan penutup, dan seperti makanan penutup yang memang seharusnya tidak dikonsumsi secara regular. Kopi mungkin memang menjadi pilihan tepat sebagai minuman penyegar di pagi hari. Namun setelah 8 jam berhibernasi, tubuh Anda membutuhkan hidrasi, bukan malah dehidrasi yang dapat diakibatkan oleh kopi. Anda ingin merasa lebih segar setelah bangun tidur? Isi kembali cairan tubuh Anda dengan air dan lakukan sedikit perenggangan tubuh atau pergilah jalan-jalan atau sekedar berlari-lari kecil, agar aliran darah dalam tubuh Anda lancar.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar